Anda di sini: HomeDemokrasiKPU Koordinasikan Sinkronisasi Data Bakal Caleg Sumut

KPU Koordinasikan Sinkronisasi Data Bakal Caleg Sumut

Rate this item
(0 votes)
06
Jun
2013

Medan - Komisi Pemilihan Umum mengkoordinasikan sinkronisasi data seluruh bakal caleg anggota legislatif di Sumatera Utara untuk menghindari kemungkinan adanya nama ganda.

Koordinasi sinkronisasi data bakal caleg tersebut dipimpin Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Husni Kamil Manik dengan komisioner KPU Provinsi dan kabupaten/kota se-Sumut di Medan, Jumat.

Usai pertemuan, Husni Kamil mengatakan, pihaknya ingin mendapatkan data yang akurat mengenai nama-nama bakal caleg tingkat pusat (DPR) dan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang berasal dari Sumut.

Demikian juga dengan sinkronisasi nama-nama bakal caleg di tingkat provinsi dan kabupaten/kota agar tidak ganda.
“Karena itu, kita juga mengumpulkan KPU kabupaten/kota,” katanya.

Dengan sinkronisasi data tersebut, diharapkan tidak ditemukan satu nama yang menjadi bakal caleg untuk daerah tertentu, tetapi terdaftar sebagai bakal caleg untuk daerah lain, baik tingkat provinsi, DPR RI, mau pun DPD RI.

“(Kalau ganda) itu tidak memenuhi syarat,” katanya.

Pihaknya belum dapat memberitahukan hasil sinkronisasi data bakal caleg tersebut karena perbaikan berkas yang disampaikan parpol baru dibuka. “Khan baru dibuka, belum diteliti,” kata Husni.

Ketua KPU Sumut Surya Perdana mengatakan, pihaknya belum menemukan masalah tentang data bakal caleg di daerah itu, baik DPRD di tingkat provinsi mau kabupaten/kota.

Namun pihaknya akan membawa hasil sinkronisasi data tersebut ke KPU RI di Jakarta guna disesuaikan dengan data bakal caleg DPR RI dan DPD RI dari Sumut. “Rencananya, pada 2-4 Juni 2013 nanti datanya akan dibawa ke Jakarta,” katanya. (Ant/Ld.Mdn)

Video News